HTML – Pembelajaran

Belajar HTML

HTML adalah singkatan dari Hyper Text Markup Language, yang merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di Web untuk mengembangkan halaman web. Dalam belajar HTML sebaiknya kita memahami sejarah HTML. Berikut sekilas mengenai sejarah dari HTML. HTML diciptakan pertama kali oleh IBM pada tahun 1980. Saat itu IBM memiliki ide untuk menempatkan elemen-elemen yang berguna untuk menandai bagian suatu dokumen seperti judul, alamat dan isi dokumen. Pada akhirnya elemen-element tersebut dibentuk menjadi suatu program untuk melakukan pemformatan dokumen secara otomatis. Bahasa pemrograman untuk melakukan tugas ini disebut sebagai bahasa markup. IBM menamai program ini sebagai Generalized Markup Language. Pada tahun 1986, konsep ini disetujui oleh ISO (International Standard Organization) sebagai standar untuk pembuatan dokumen. Bahasa ini dinamai oleh ISO sebagai Standard Generalized Markup Language (SGML). sedangkan HTML merupakan bagian dari SGML.

Dilain pihak Tim Berners-Lee mengemukakan sebuah ide tentang pembuatan skrip bahasa pemrograman dan dokumen yang dapat diakes oleh semua komputer tanpa melihat jenis platformnya. Berners-Lee merupakan seorang ahli fisika dan  juga seorang kontraktor di CERN (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir). Berners-Lee mengusulkan dan menyusun ENQUIRE yaitu sebuah sistem untuk ilmuwan CERN dalam membagi dokumen. Sembilan tahun kemudian, Berners-Lee mengusulkan adanya sistem markah berbasis internet. Berners-Lee menspesifikasikan HTML dan menulis jaringan beserta perangkat lunaknya di akhir 1990. Penjelasan pertama yang dibagi untuk umum dari HTML adalah sebuah dokumen yang disebut “Tanda HTML”, pertama kali disebutkan di Internet oleh Tim Berners-Lee pada akhir 1991 dan sejak saat itu HTM lebih dikenal daripada SGML.

Pada tahun 1995, “HTML 2.0” adalah yang spesifikasi pertama HTML standar yang diterbitkan. Pada versi HTML 3.0 terjadilah perang antar browser dimana setiap browser membuat tag HTML mereka sendiri. karena perang antar browser tersebutlah akhirnya dibentuk sebuah organisasi yang menangani standard dari HTML. Organisasi ini bernama World Wide Web Consortium (W3C). dan organisasi ini mempublikasikan HTML 3.2 pada tahun 1996.Dengan hadirnya W3C sebagai standarisasi HTML, perang browser terhenti. HTML 3.2 lalu berkembang menjadi HTML 4.0 pada tahun 1997. Versi ini memuat banyak sekali revisi dan perubahan dari versi sebelumnya. Perubahan ini terjadi di hampir seluruh perintah HTML seperti text, link, image, imagemaps, table, form, meta, dan lain lain.Pada akhir tahun 1999, untuk memperbaiki beberapa kesalahan di versi 4.0 maka dibuatlah versi HTML 4.01 yang merupakan versi utama dari HTML. Meskipun HTML 4.01 versi secara luas digunakan tapi saat ini telah ada versi HTML-5 yang merupakan ekstensi untuk HTML 4.01, dan versi ini diterbitkan pada tahun 2012.

Tujuan

Tutorial ini dirancang untuk Calon Desainer Web dan Pengembang Web dengan kebutuhan untuk memahami dan belajar HTML yang cukup detail dengan gambaran sederhana, dan contoh-contoh praktis. Tutorial ini akan memberikan Anda cukup bahan untuk memulai dengan HTML, dari mana Anda dapat mengambil sendiri di tingkat yang lebih tinggi sesuai keahlian.

Pengetahuan Dasar

Sebelum melanjutkan dengan tutorial ini Anda harus memiliki pengetahuan dasar dengan sistem operasi Windows atau Linux, tambahan Anda harus terbiasa dengan:

  • Pengalaman dengan editor teks seperti notepad, notepad ++, atau Editplus dll
  • Cara membuat direktori dan file di komputer Anda.
  • Bagaimana untuk menavigasi melalui direktori yang berbeda.
  • Cara mengetik konten dalam file dan menyimpannya di komputer.
  • Memahami tentang gambar dalam format yang berbeda seperti JPEG, PNG.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: