HTML – Heading

Heading HTML

Heading HTML atau lebih dikenal dengan Tag Heading adalah Tag khusus yang disediakan oleh HTML untuk membuat sebuah judul pada teks dalam sebuah halaman web. Tag heading merupakan sebuah tag/code HTML untuk memperbesar sebuah tulisan. Biasanya tag heading digunakan dalam membuat judul sebuah document atau artikel. Tag Heading secara default ditampilkan oleh browser dengan ukuran lebih besar dan lebih tebal (bold) dari teks biasa. Untuk menandakan sebuah judul gunakanlah tag heading, jangan menggunakan huruf besar maupun dipertebal hurufnya. Namun sebaliknya jangan menggunakan tag heading didalam sebuah kalimat maupun sebuah paragraf agar teks terlihat lebih besar atau tebal karena pada dasarnya fungsi tag heading adalah untuk mendefinisikan judul, bukan untuk memperbesar ataupun menebalkan teks.

Tag Heading atau Judul Paragraf pada HTML didefinisikan dengan <H1> </H1> sampai dengan <H6></H6>. Heading 1 atau <H1> </H1>merupakan tingkatan paling besar, sementara heading 6 atau<H6> </H6> merupakan tingkatan paling kecil. Biasanya H1 hanya digunakan satu kali pada sebuah halaman web, yaitu sebagai judul utama (judul besar) sedangkan H2, H3 dan seterusnya bisa digunakan beberapa kali sebagai sub judul. Tag <head> </head> bukanlah untuk sebuah judul paragraf melainkan menunjukan bagian dari kepala suatu HTML. Tag <head> </head> diletakan diantara <html> dan <body>. Disarankan agar tidak melompati urutan tag heading, jadi gunakanlah tag heading secara berurutan mulai dari  h1 ke h2 dan seterusnya, jangan menggunakan tag heading dari h1 langsung melompat ke penggunaan h3 pada penggunaan sub judul dari h1.

Tidak hanya sekedar untuk memberikan penampilan yang lebih tegas dan penekanan, Tag Heading juga sangat penting dalam kaitannya dengan teknik Search Engine Optimization (SEO). Tag Heading juga berguna untuk Pengoptimalan SEO secara onpage. Search engine akan menggunakan judul atau heading untuk mengindex struktur, susunan, konten dan isi halaman.

berikut contoh penulisan tag heading :

<h1>Ini heading H1</h1>
<h2>Ini heading H2</h2>
<h3>Ini heading H3</h3>
<h4>Ini heading H4</h4>
<h5>Ini heading H5</h5>
<h6>Ini heading H6</h6>

apabila dijalankan hasilnya akan seperti dibawah ini:

Ini heading H1

Ini heading H2

Ini heading H3

Ini heading H4

Ini heading H5
Ini heading H6

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *